Selasa, 06 Desember 2011

Benahi Drainase Perkotaan

A Kadir Aziz
FUNGSI drainase atau saluran air di wilayah perkotaan menjadi sorotan tokoh masyarakat Sambas, A Kadir Aziz. Mantan anggota DPRD Sambas ini menyoroti bagaimana drainase di wilayah dalam Kota Sambas, seperti Jalan Panji Anom menuju Terminal Sambas yang banyak mengalami penyumbatan. Tak ayal, ketika hujan turun, genangan air pun terjadi hingga meluber ke jalan. Belum lagi drainase di depan ruko-ruko yang ada, kondisinya dinilai setali tiga uang dan tak berfungsi maksimal.

“Kita minta ini menjadi perhatian instansi terkait. Benahi saluran air yang ada. Malulah kita (dengan) kondisi dalam kota, Sambas, selaku ibukota Kabupaten seperti itu,” ungkapnya kepada Pontianak Post, kemarin.Kota Sambas, kata dia, harus berbenah jika tidak ingin malu. Apalagi saat ini banyak wisatawan atau orang luar datang ke Kota Sambas. Terutama mereka yang ingin berwisata sejarah ke Keraton Sambas. Ditambah, kata dia, tak lama lagi arus lalulintas barang dan orang dari Kuching ke Aruk kemudian ke Sambas akan bertambah ramai.

“Apa tidak ingin kota kita indah, enak dipandang mata, sehingga orang Malaysia yang datang nantinya betah di sini. Apalagi Keraton Sambas sudah dikenal warga Melayu Malaysia, pastilah mereka datang ke Sambas. Tolonglah soal tata kota juga diperhatiakan,” pintanya.  Tak hanya mengenai drainase, ia juga meminta fasilitas umum seperti taman kota, wc umum, juga dipersiapkan seoptimal mungkin. “Marilah kita bangun Sambas seindah mungkin. Poleslah kota ini bak visi dan misi Pemkab ini, Terigas Terpikat. Siapa lagilah yang menjaga kota ini indah dan elok kalau tidak kita sendiri orang Sambas,” ajaknya. (har)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar